Onlain bookmaker bet365.com - the best bokie

PRODUK LAIN LEBAH MADU

 

produk lain lebah madu

Madu merupakan produk lebah madu yang paling populer serta paling banyak digunakan dan telah menyertai dalam peradaban manusia dari generasi ke generasi. Selain menjadi pemanis makanan, pada waktu yang sama madu juga bisa mencegah penyakit. Madu berasal dari nektar tanaman, kaya akan glukosa, fruktosa, maltosa, sukrosa, karbonhidrat, enzim, diatase dan enzim invertase. Maka dari itu, madu sangat baik untuk dijadikan sumber energi dan kalori. Selain itu, kandungan fruktosa pada madu lebih cepat terserap oleh madu sehingga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang sakit dan mengalami gangguan pencernaan.

Tetapi ternyata lebah madu tidak hanya memproduksi maju saja, lebah madu juga menghasilkan produk lainnya seperti royal jelly, bee pollen, propolis dan beeswax.

Mungkin sebagian dari kita belum terlalu mengenal dan mengetahui manfaat produk-produk tersebut. Secara garis besar, produk-produk ini dibagi menjadi dua kelompok : berasal dari lebah itu sendiri dan berasal dari tanaman sumber nektar.

Produk yang dihasilkan oleh lebah madu meliputi royal jelly dan beeswax, dan yang termasuk berasal dari tanaman sumber nektar adalah madu, bee pollen dan propolis diperoleh dari tanaman dan dikumpulkan dalam sarang. Semua produk ini sangat penting bagi lebah madu, Tanpanya lebah madu tidak akan bisa bertahan dan demian juga kelangsungan hidup koloni lebah. Berikut uraian tentang produk-produk tersebut.

1. Royal Jelly

royal jelly

Royal jelly dihasilkan oleh sekresi lebah madu yang digunakan untuk memberikan makan larva lebah dan lebah ratu. Sekresi ini dihasilkan kelenjar yang ada pada kepala lebah perawat, dan memberi makan pada semua larva lebah, tanpa melihat jenis kelamin atau kasta.

Semua larva diberi makan royal jelly sampai umur tiga atau empat hari setelah menetas terkecuali larva lebah ratu. Ketika lebah madu memutuskan untuk mengembangkan lebah ratu baru karena lebah ratu yang ada sudah termakan usia atau mati, mereka memilih larva tertentu dan memberi makan tersebut hanya dengan royal jelly yang akan membentuk larva tersebut menjadi lebah ratu. Lebah ratu dewasa hanya mengkonsumsi royal jelly sepanjang usia mereka, dan bisa hidup delapan sampai sepuluh kali lebih lama dibanding lebah pekerja biasa yang berusia sekitar dua sampai tiga bulan.

Royal jelly didapatkan petani lebah dengan cara menstimulasi koloni lebah agar mengembangkan lebah ratu. Selanjutnya royal jelly akan diambil dari sel larva lebah ratu ketika larva berumur sekitar 4 hari. Sarang lebah yang dirawat dengan tepat bisa memproduksi sekitar 500g royal jelly dalam satu musim.

Royal jelly terdiri dari 76% air, 12,5% protein, 11% monosakarida, 5% asam lemak dan 2-3% 10-hydroxy-2-decenoic acid (10-HDA). Selain itu royal jelly mengandung trace mineral, anti bakteri dan antibiotik, pantothenic acid (vitamin B5), pyridoxine (vitamin B6) dan vitamin C.

Royal jelly tidak bisa diduplikasi di laboratorium manapun karena susunan struktur kimianya yang rumit. Produk ini semakin populer semakin terkenal sebagai produk kecantikan. Jelly yang istimewa ini dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh dari dalam dan merevitalisasi dari luar. Banyak kaum hawa yang tertarik dengan royal jelly karena khasiatnya yang bisa menyehatkan kulit, rambut, dan membuat tampak awet muda. Tidak hanya digunakan untuk makanan suplemen, tetapi juga sebagai bahan tambahan lotion, cream dan kosmetik. Royal jelly kaya akan estradiol, sejenis hormon estrogen yang dikenal efektif mengatasi masalah menstruasi seperti siklus yang tidak teratur, rasa sakit, tidak nyaman, dan rasa lelah selama menstruasi.

Royal jelly dikonsumsi sebagai makanan suplemen dan penambah energi serta obat tradisional berbagai macam penyakit :

  • Masalah pencernaan
  • Maag
  • Kolesterol
  • Insomnia
  • Masalah-masalah menopause
  • Anti-aging / menambah gairah / menyehatkan reproduksi
  • Demam dan Flu
  • Stess
  • Diabetes

Akan tetapi ada kekhawatiran tentang efek samping mengkonsumsi royal jelly pada pasien asma meski kasusnya sangat langka. Pada beberapa negara, beberapa merek diharuskan menyertakan peringatan alergi dan sebagian merek menyertakan peringatan terhadap pasian kanker payudara mengingat kandungan estrogen pada royal jelly.

2. Bee Pollen

bee pollen

Bee Pollen berasal dari kata Bee yang artinya lebah dan Pollen yang artinya serbuk sari bunga jantan, jadi Bee Pollen berarti Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dari tanaman bunga dan selanjutnya digunakan untuk menjadi makanan pokok dari lebah madu dalam suatu seluruh koloni.

Bee pollen sering juga disebut dengan "roti lebah" oleh para peternak lebah. Proses pengambilan bee pollen sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Ketika lebah madu menghisap nektar pada bunga, nektar dan serbuk sari bercampur dengan liur lebah madu terkumpul dan selanjutnya disimpan dalam kantung pollen yang ada pada kaki lebah madu. Lebah madu tersebut selanjutnya akan membawa pollen ke sarang dan memberikannya kepada lebah pekerja di dalam sarang untuk membentuknya menjadi gumpalan-gumpalan yang disimpan dalam sel-sel sarang yang berbentuk heksagonal.

Bee Pollen merupakan unsur reproduksi jantan pada tumbuhan dengan bentuk debu halus dengan warna kuning keemasan. Pollen terdapat pada benang sari bunga tanaman. Setiap butir pollen mengandung 100.000 hingga 5 juta spora pollen, yang tiap-tiap spora punya kemampuan untuk bereproduksi sehingga terbentuklah buah, bunga, padi- padian, pohon, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan madu, royal jelly, dan propolis, kandungan nutrisi pada bee pollen sangar dipengaruhi oleh jenis tanaman bunga yang menjadi sumber lebah madu dalam mengumpulkan pollen dan dapat berbeda-beda dari waktu ke waktu. Bahkan dalam suatu koloni lebah, tidak akan ditemukan bee pollen dengan kandungan yang identik. Sehingga pengukuran kualitas untuk menentukan standar sulit untuk dilakukan. Namun secara rata-rata Bee Pollen mengandung zat gizi yaitu karbohidrat, Protein, vitamin, Asam lemak esensial, enzim, Mineral, serta Hormon-hormon yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Dengan kandungan gizi tersebut, maka tidak mengherankan jika bahwa Bee Pollen dianggap makanan suplemen yang sangat cocok untuk meremajakan serta menguatkan sel-sel jaringan tubuh. Pollen mudah dicerna dan sangat kaya akan gizi bagi manusia.

3. Propolis

propolis

Propolis atau Lem Lebah merupakan suatu resin yang dikumpulkan oleh lebah madu yang berasal dari tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Dikumpulkan oleh lebah untuk dan digunakan untuk menutupi lubang kecil, hingga ukuran 6 milimeter, sementara untuk menutup lubang yang lebih besar lebah madu menggunakan malam lebah (beeswax). Warna propolis juga tergantung sumber tumbuhannya, namun umumnya propolis berwarna coklat tua. Propolis bersifat lengket pada suhu ruangan atau di atasnya (20 °C). Sementara pada suhu yang lebih rendah, propolis cenderung menjadi keras dan rapuh.

Komposisi kimiawi dari propolis bervariasi tergantung dari mana bahan yang dikumpulkan oleh lebah madu. Dalam sebuah penelitian, propolis yang diambil lebah yang mengumpulkan madu dari poplar (Populus spp., section Aigeiros), diambil kesimpulan kemiripan bahan ini, yaitu pinocembrin, pinobanksin dan 3-O-acetate, chrysin, galangin, prenyl esters of caffeic and ferulic acids, dan lain-lain. Namun pohon yang berbeda akan menghasilkan komposisi kimia berbeda pula.

Khasiat kesehatan Propolis diperoleh dari kemampuannya dalam menekan pertumbuhan bakteri (anti bakteri), antivirus dan antifungi, serta kemampuannya meredakan radang atau inflamasi. Beberapa percobaan memperlihatkan propolis mampu memperbaiki pemulihan luka bakar, luka kecil, infeksi, peradangan, sakit gigi, dan herpes kelamin.

4. Beeswax

lilin lebah

beeswax atau lilin lebah adalah lilin atau malam yang diproduksi dari sarang lebah madu. Umumnya tersusun atas dari ester asam lemak dan berbagai senyawa alkohol rantai panjang. Lilin lebah dihasilkan dari delapan kelenjar lilin lebah pekerja, di bagian dalam sternum dari setiap segmen tubuh ke 4 sampai 7 abdomen. Ukuran kelenjar ini tergantung pada usia lebah pekerja, dan akan menjadi tidak berfungsi (atrofi) ketika lebah madu sudah tua. Warna lilin lebah berwarna putih setelah dikeluarkan dari kelenjar, namun perlahan-lahan menjadi kekuning-kuningan, bahkan kecoklatan, karena tercampur dengan polen dan propolis lebah. Lilin lebah dihasilkan secara berlapis, dan dibutuhkan sekitar 1100 lapisan untuk menghasilkan satu gram lilin lebah.

Diperkirakan lebah mengorbankan produksi madu untuk menghasilkan lilin lebah. Jumlah madu yang dihasilkan juga diperkirakan linier dengan produksi lilin lebah. Berdasarkan eksperimen Whitcomb tahun 1946, setiap 6.66-8.8 pound (30-40 kg) madu dihasilkan 1 pound (0.45 kg) lilin lebah. Penelitian Les Crowder pada pembandingan metode penggunaan ulang wadah berisi sarang lebah utuh dan wadah kosong untuk ditempati lebah madu, mendapatkan angka 24-30 pounds (10,8-13,6 kg) lilin lebah per 1 pound madu. Sumber lain menyatakan lebah menghasilkan hingga 22 (sekitar 10 kg) pound madu per satu pound (0,45 kg) lilin lebah. Variasi nilai ini amat bergantung pada tahap perkembangan koloni, karena tidak semua ruang sel dalam sarang lebah digunakan untuk menghasilkan madu, namun juga untuk menyimpan larva lebah dan zat lainnya.

Lilin lebah diaplikasikan dalam berbagai hal, diantaranya sebagai bahan tambahan makanan. Lilin lebah dapat dimakan, namun tidak memiliki nilai nutrisi yang berarti karena tidak dihidrolisis dengan sempurna di dalam saluran pencernaan manusia. Selain itu, lilin lebah dapat digunakan sebagai bahan kosmetik, farmasi, bahan membuat model patung, semir sepatu, campuran zat pewarna untuk lukisan dan ornamen, pengisi lubang pada gigi, dan lilin. Berbagai alat musik perkusi dapat disesuaikan nada yang dihasilkannya dengan mengoleskan lilin lebah.

Lilin lebah merupakan salah satu polimer yang paling tua penerapannya oleh manusia selain getah perca, tanduk, cangkang kura-kura, dan shellac. Lilin lebah telah ditemukan di makam firaun, kapal viking, dan reruntuhan romawi.

Официален блог на WebEKM EKM очаквайте сайта онлайн скоро.

Download Free Templates http://bigtheme.net/ free full Wordpress, Joomla, Mgento - premium themes.

Website ini hanya bersifat informasinal dan tidak dimaksudkan mendiagnosis,
merawat, atau mencegah penyakit atau kondisi medis apapun. Sebelum
menggunkan bahan-bahan untuk pengobatan alami, disarankan untuk
untuk berkonsultasi dengan petugas medis profesional berlisensi.

Copyright © 2017 thibbun-nabawi.com

Powered by Warp Theme Framework
PRODUK LAIN LEBAH MADU